Astra Melalui YPA-MDR Gelar Peragaan Busana ‘Dari Gedangsari Untuk Dunia’ Karya Siswa Binaan

Yogyakarta (20/10/16) – Setelah sukses menampilkan karya siswa binaan di Gedangsari, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) kembali mempersembahkan hasil karya siswa binaan Astra di SMKN 2 Gedangsari, bekerja sama dengan desainer senior asal Yogyakarta Dandy T. Hidayat mengadakan pagelaran busana (fashion show) bertajuk “Dari Gedangsari Untuk Dunia” dalam acara Jogja International Batik Biennale 2016 (JIBB) di Jogja Expo Center, 12-16 Oktober 2016.

Pagelaran busana Astra dan YPA-MDR di kancah JIBB 2016 kali ini akan menggunakan material hasil karya siswa binaan di Gedangsari dan Kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kec. Gedangsari, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Seluruh material batik tersebut akan disulap menjadi 75 ready to wear looks yang akan ditampilkan di JIBB 2016 dengan mengangkat tema “Dari Gedangsari Untuk Dunia”.

“Astra yakin bahwa Gedangsari punya potensi besar untuk masuk ke kancah internasional. Terlebih lagi dengan gelar “Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia” yang dicanangkan oleh Dewan Kerajinan Dunia, atau Craft Council Dunia (WCC) pada 18 Oktober 2014 di China lalu. Maka kami memutuskan untuk bergabung dalam acara Jogjakarta International Batik Biennale 2016 ini agar hasil karya siswa binaan kami di Gedangsari dapat dilihat oleh dunia,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR saat konfrensi pers fashion show “Dari Gedangsari Untuk Dunia”.

Melalui JIBB 2016 yang mengangkat tema “Traditions for Inovations”, YPA-MDR mengembangkan jaringan baik di skala nasional maupun internasional. Dandy T. Hidayat sebagai narasumber sejak Juli 2015 telah membantu guru dan siswa binaan YPA-MDR dalam pembinaan kecakapan hidup untuk meningkatkaan kompetensi mereka dalam bidang tata busana seperti membuat pola, desain dan menjahit busana.

“Kerja sama saya dengan YPA-MDR selama ini memberikan pengalaman yang luar biasa karena saya dapat mengajarkan guru dan siswa sekolah binaan Astra untuk mendesain dan menjahit busana. Pengalaman tersebut memberikan banyak pelajaran untuk saya sebagai desainer. Desain busana saya benar-benar menonjolkan kreativitas siswa dalam batik,” tutur Dandy T. Hidayat.

“Kami memperlihatkan bahwa inilah kemampuan siswa binaan Astra dalam industri batik. Peragaan batik karya siswa binaan YPA-MDR serta UKM di Gedangsari ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk para siswa binaan YPA-MDR dan anak-anak Indonesia lain agar bisa menciptakan berbagai karya kreatif lainnya,” ujar Arietta Adrianti.

Selain pagelaran busana di tanggal 16 Oktober, YPA-MDR juga menggelar pameran batik hasil karya siswa SD, SMP, dan SMK binaan, serta UKM yang merupakan konsep “Sekolah Eskalator” di Gedangsari yang dapat dilihat di booth YPA-MDR sejak tanggal 12 hingga 16 Oktober 2016 dalam JIBB 2016 di JEC. Tidak hanya kain-kain batik, berbagai busana hasil karya siswa SMKN 2 Gedangsari dan juga menarik perhatian pengunjung JIBB 2016 untuk meluangkan waktu sejenak menghampiri booth YPA-MDR di JEC.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Error: Access Token is not valid or has expired. Feed will not update.
This error message is only visible to WordPress admins

There's an issue with the Instagram Access Token that you are using. Please obtain a new Access Token on the plugin's Settings page.
If you continue to have an issue with your Access Token then please see this FAQ for more information.