Biennale Jogja XIII Mempertemukan Indonesia Dengan Nigeria

Biennale Jogja XIII, perhelatan besar seni rupa kembali digelar pada tahun 2015. Edisi ketiga Biennale Ekuator kali ini mempertemukan seniman Indonesia dengan seniman Nigeria. Acara yang resmi dibuka pada 1 November 2015 ini akan berlangsung selama 40 hari di Jogja National Museum Yogyakarta mulai pukul 10.00-20.00 WIB. Pembukaan tersebut dimeriahkan oleh pertunjukkan seniman-seniman Biennale Jogja XIII dan Ritual Pembagian Sega Wiwitan “Taman Tiban” oleh ketjilbergerak.

“Pameran Utama Biennale Jogja XIII kali ini menyajikan sesuatu yang berbeda, dimana pengunjung diajak menjadi bagian dari karya-karya yang diciptakan seniman. Menikmati pameran, dengan demikian merupakan sebuah pengalaman untuk mencoba terlibat dalam konflik itu sendiri” ucap kurator Biennale Jogja XIII, Wok The Rock.

Dengan arahan Direktur Artistik Rain Rosidi, kurator Wok The Rock dan kurator rekanan dari Lagos, Jude Anogwih, para seniman dan elemen-elemen praktisi seni lain dari berbagai wilayah di Yogyakarta khususnya, dan seniman dari Jakarta dan Bandung mencoba untuk melihat bagaimana ketidakberaturan dan konflik dikelola menjadi sesuatu yang progresif dan positif. Desain ruang pamer dikerjakan oleh arsitek dan seniman Iswanto Hartono yang memanfaatkan ruang-ruang terbuka di sekitar JNM menjadi ruang pamer.

Beberapa karya yang menarik dalam pameran ini adalah ruang bermain skala besar, pertunjukkan berbasis instalasi suara, lukisan berukuran 15 meter, dan proyek fotografi instalasi. Selain itu selama pameran utama berlangsung di Jogja National Museum, ada juga beberapa yang menjadi highlight acara, diantaranya; Biennale Forum – Kuliah Umum dan Diskusi, Biennale Forum (Diskusi), Festival Koalisi Cakrawala – Ekuator Festival Biennale Jogja XIII, Presentasi Parallel Events, dan Biennale Forum Untuk Anak Muda.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.