Dalam Rangka JSSP 2017, Patung-Patung Instagramable Akan Menghiasi Kawasan Kotabaru Yogyakarta

Yogyakarta (13/09/17) – Sekitar 50 Pematung dari Asosiasi Pematung Indonesia (API) akan kembali menampilkan karya seninya dalam acara Jogja Street Sculpture Project (JSSP) 2017 yang mengambil tema Jogjatopia dan akan berlangsung pada tanggal 10 Oktober 2017 – 10 Januari 2018.

“Jogja Street Sculpture Project (JSPP) adalah proyek seni patung di ruang publik yang diikhtiarkan sebagai upaya apresiasi dan intervensi ruang kota melalui kehadiran karya seni. Kawasan Kotabaru menjadi situs terpilih untuk proyeksi ekskavasi gagasan kreatif para pematung yang merespon konteks sosial-spasial kota pada gelaran JSSP 2017. Dalam catatan historiografisnya, kawasan ini adalah kawasan permukiman kota modern yang berorientasi pada konsep garden city, sebuah gagasan ideal tentang urban settlement yang lengkap dengan berbagai fasilitas publik dalam kawasan yang dipenuhi jaringan boulevard. Situasi yang sungguh kontradiktif dengan bagian lain Jogjakarta yang cenderung tumbuh secara organis dan spontan pada jamannya.” ujar Drs. Umar Priyono, M.Pd, selaku Kepala Dinas Kebudayaan DIY saat temu media i Gedung Eks KONI Jl. Trikora No. 4 Yogyakarta.

Sebagai medan interpretasi, Kotabaru akan ditafsir dalam spektrum isu-isu perkotaan yang lebih komplek; terkait pluralisme, konfliks dan kontestasi, komersialisme dan kapitalisasi, aspirasi warga dan partisipasi publik, serta konsekuensi-konsekuensi sosial akibat perkembangan kota. Isu-isu ini akan menjadi narasi tentang kota yang direfleksikan pada konteks ideal konsepsi dari garden city Kotabaru. Jogjatopia dikembangkan menjadi kerangka kerja interpretasi yang membingkai Kotabaru sebagai cermin reflektif tentang impian (utopia) sebuah kota ideal pada realitas Jogjakarta hari ini.

Dpalam kesempatan ini publik juga berkesempatan melihat gambaran yang lebih jelas dan detail atas karya-karya patung public yang akan hadir dalam gelaran JSSP (Jogja Street Sculpture Project) 2017 “Jogjatopia’ di Gedung Eks KONI  Jl. Trikora No. 4 Yogyakarta mulai tanggal 14-20 September 2017. Denah lokasi karya juga turut dihadirkan untuk memberikan informasi titik sebaran karya serta cakupan lokasi penyelenggaraan, yang dipilih berdasarkan tema kekaryaan karakteristik lokasi maupun sejarah kawasan.

“Jogjatopia’ menawarkan seni patung sebagai bentuk ekspresi budaya yang kreatif dan dinamis sebagai bagian dari wajah kota. Berdiri pada visi mendukungan terciptanya ruang publik kota yang lebih ramah dan berbudaya, menciptakan ruang dialog kreatif bagi keberagaman identitas masyarakat pengguna ruang publik, serta mendorong pelibatan warga melalui serangkaian kegiatan seni yang interaktif dan partisipatif sebagai wujud membangun apresiasi dan aspirasi mereka akan ruang kota.” pungkas Umar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.