Gerakan Bijak Bersosmed Ajak Komunitas Berbasis Online Kopi Darat di Pendopo Ndalem Yogyakarta

Yogyakarta (06/10/17) – Setelah sukses meluncurkan Gerakan #BijakBersosmed pada akhir Agustus 2017 lalu, kali ini Gerakan #BijakBersosmed singgah di Kota Yogyakarta dan mengundang para pelaku media sosial untuk kopi darat di Angkringan Pendopo Ndalem JL. Sompilan No. 12 Ngasem Yogyakarta.

Dalam acara yang berlangsung pada tanggal 5 Oktober 2017 ini dihadiri oleh 150an orang yang terdiri dari beberapa komunitas diantaranya; PAIJO (Paguyuban Akun Informasi Jogja), MASDJO (Masyarakat Digital Jogja), Stand Up Indo Jogja, Genpi Jogja, Komunitas Blogger Jogja, Komunitas Emak Blogger, Kompasiana, Nonton Yk, Merawat Jogja, Soundcloud YK, Pojok Damai, dan Kaskus Regional Yogyakarta.

Acara yang dipandu oleh Fira Sasmita ini diikuti oleh 150 orang yang dimeriahkan oleh Satabgnana Band dan Trio A Selososelo dengan candaan khas mereka. Selain komunitas tersebut, di kesempatan yang begitu hangat ini hadir juga Bapak Ir. Rony Primanto – Kepala Dinas Kominfo DIY dan GKR Hayu – Penghageng Tepas Tandha Yekti Kraton Jogja, Deva Rachman – Group Head Corporate Communications Indosat Ooredo, Dedy Permadi – Ketua Gerakan Literasi Digital Nasional #Siberkreasi dan Enda Nasution – Koordinator Gerakan #BijakBersosmed.

“Kondisi media sosial sekarang sudah semakin mengkhawatirkan karena banyak pihak berusaha membajak dan merusak media sosial dengan menyebarkan kebencian dan hoax untuk kepentingan tertentu. Indosat Ooredoo mendukung penuh gerakan #BijakBersosmed sebagai gerakan yang berinisiatif untuk mengajak masyarakat luas agar saling mengingatkan dan menggunakan media sosial secara lebih bijak dan memanfaatkannya secara positif” papar Deva Rachman.

Dedy Permadi, Ketua Gerakan Literasi Digital Nasional #Siberkreasi yang merupakan gerakan publik untuk mendorong lebih banyak konten positif di ruang digital kita, menyampaikan bahwa, “Sudah saatnya sekarang ada tindakan nyata dari kita sebagai masyarakat dan berbagai komunitas, organisasi yang peduli pada dunia digital untuk bukan saja menjaga media sosial agar dimanfaatkan secara positif, caranya adalah dengan mengajak dan memperbanyak lagi konten-konten positif, kegiatan positif dengan dampak yang juga dirasakan langsung. Dari pendidikan hingga UKM, media digital bisa masuk dan membantu di berbaga bidang.

Sementara itu, Enda Nasution, Koordinator Gerakan #BijakBersosmed menyampaikan bahwa gerakan ini adalah sebuah kegiatan yang harus dilakukan secara terus menerus, “Di tahun-tahun mendatang, 2018 dan 2019, yang akan menjadi tahun politik, pertentangan dan kompetisi memenangkan perhatian publik via platform-platform media sosial akan menjadi lebih sengit lagi, kita harus bisa menjaga agar media sosial membantu mempersatukan masyarakat Indonesia dan bukan memperdalam perpecahan, akan menjadi batu ujian kita bersama” pungkasnya.

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.