Indosat Ooredo, Mountain Partners, dan Kejora Membentuk Ideabox Ventures Untuk Generasi Digital Indonesia

Yogyakarta (08/12/16) – Dalam tiga tahun sejak diluncurkan pada bulan Oktober 2013, Ideabox telah menjadi salah satu akselerator teknologi terdepan di Indonesia, serta menjadi akselerator kelas dunia dan telah diakui secara internasional, bahkan menerima penghargaan  seperti GTB (Global Telco Bisnis), Asian Communication Awards dan Stevie Awards.

Selama tiga tahun terakhir, Indosat Ooredoo, Mountain Partners dan Kejora bekerja sama membangun dan menjalankan ideabox dan telah menghasilkan 15 startup yang sukses, salah satunya adalah Ngomik.com merupakan startup dari Yogyakarta yang bergerak di bidang komik online. Ini adalah tahun ke-4 Ideabox kembali hadir ke Yogyakarta untuk bertemu langsung dengan komunitas startup dan Developer yang berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Sekitarnya. Melihat perkembangan startup yang pesat di Yogyakarta dengan berdirinya beberapa Co-working Space dan tumbuhnya startup dan komunitas digital kreatif baru, Yogyakarta menjadi salah satu target kota untuk Ideabox.

Kesuksesan selama 3 tahun ini, membuat ketiga perusahaan, Indosat Ooredoo, Mountain Partners dan Kejora, meningkatkan kerjasama dengan menciptakan ‘Ideabox Ventures’, dengan membentuk joint venture modal ventura, yaitu menginvestasikan dana  hingga USD 500.000 pada startup bidang teknologi.

Ideabox Ventures akan berinvestasi ke perusahaan teknologi tahap awal, atau pre-Seri A  dengan traksi yang telah terbukti berkembang, diantaranya pada bidang e-commerce, layanan web, pembayaran digital & fintech, serta teknologi & security.

Ideabox Ventures menyediakan dana hingga USD 500.000 melalui venture capital fund, serta berbagai dukungan lain, diantaranya konsultasi strategis, dan komersial yang akan membantu perusahaan untuk tumbuh dan memperluas jangkauan bisnisnya. Berbeda dengan Program Ideabox, dukungan dari ideabox Ventures  melebihi 120 hari.

Seperti disampaikan Alexander Rusli, President Director & CEO, PT. Indosat, Tbk, pihaknya bergerak lebih maju dengan komitmen membangun industri digital yang lebih baik di Indonesia. Dimana selama 3 tahun fokus berinvestasi ke perusahaan startups melalui Ideabox, menunjukkan adanya kesenjangan di VC industri di Indonesia, yaitu banyaknya start-up yang berjuang untuk menemukan pendanaan.

“Melalui Ideabox Ventures, persoalan kesenjangan ini akan terjawab, dan justru memungkinkan startup untuk membangun bisnis yang lebih baik. Karena kami dapat membantu startup pada berbagai tahap pertumbuhannya, yaitu melalui investasi keuangan, serta dukungan go-to-market dan membantu mereka untuk meningkatkan bisnisnya,” terangnya.

Rusli juga menambahkan bahwa Indosat sangat gembira bisa bekerjasama dengan Mountain Partners – perusahaan yang beroperasi secara global dengan pengalaman pendanaan di lebih dari 200 perusahaan teknologi dan digital – ke tahap berikutnya.

Sementara Dr. Cornelius Boersch, Founder and Exeutive Chairman, Mountain Partners menilai, Indonesia merupakan negara penting dalam strategi ekspansi Mountain Partner dan pilar utama kami di Asia Tenggara. Dan Mountain Partner telah berhasil membangun perusahaan di pasar Indonesia yang memiliki pertumbuhan tinggi selama beberapa tahun terakhir, dengan memiliki perwakilan untuk Asia Tenggara di Jakarta.

“Dengan Indosat Ooredoo, kami telah membangun 15 perusahaan selama tiga tahun terakhir dan mengikuti kesuksesan ini, kami percaya dan bangga untuk mengembangkan kerjasama ini ke dalam Joint Venture yang baru,” terangnya.

Ia juga menambahkan, pihaknya menggabungkan kekuatan untuk melanjutkan kesusksesan kerjasama investasi ke dalam ekosistem digital di Indonesia dan menyumbangkan visi Mountain Partners untuk membuat teknologi yang maju ke semua masyarakt di seluruh dunia.

Sedang menurut Andy Zain, Managing Director Kejora Ventures, mengambil jalan menjadi seorang Pengusaha adalah keputusan yang sulit. Oleh karena itu ideabox percaya bahwa sinergi antar pemain dalam ekosistem tech startup akan mengurangi risiko bagi seorang pengusaha.

“Melalui kombinasi dari pengetahuan dan jaringan yang ada, kami percaya akan membantu startups mengurangi risiko teknologi, market, model bisnis, dan eksekusi. Coba bayangkan apa yang bisa startups lakukan apabila mereka memiliki akses langsung kepada pengguna yang berjumlah 85 juta orang. Hal tersebut sangat mungkin terjadi melalui ideabox,” lanjutnya.

Pada peluncuran ideabox Ventures, ideabox juga mengumumkan pembukaan program ideabox periode ke-empat, dimana pada program ini, ideabox akan memilih startup dari seluruh regional di Indonesia untuk pada akhirnya menerima dana awal hingga USD 50.000.

Tim-tim yang terpilih akan mempresentasikan model bisnis mereka selama lebih dari 120 hari di Slipi, Jakarta dengan dukungan dan mentoring dari Indosat Ooredoo, Mountain Partners dan Kejora. Dimana selama program 120 hari, perusahaan akan mendapat berbagai fasilitas, full time mentoring, kurikulum terstruktur dan akses ke salah satu jaringan terbesar dari mentor lokal, regional dan global di Indonesia, serta akses kepada investor.

Selanjutnya, start-up ini akan memiliki kesempatan untuk dapat meningkatkan operasi melalui kemitraan komersial dengan Indosat Ooredoo.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.