Jogja Records Store Club Rilis Kompilasi Dalam Rangka Cassette Store Day

Seiring berjalannya waktu kini minat para penikmat musik semakin berkembang, salah satunya adalah keinginan mereka untuk mengoleksi rilisan fisik. Berkembangnya fenomena tersebut kini memunculkan toko-toko musik baru yang tak hanya bergerak di bidang offline melainkan merambah ke dunia online. Selain itu munculnya fenomena tersebut membuahkan pikiran bagi sekelompok anak muda di Yogyakarta yang memiliki records label dan toko musik untuk menyatukan ide, visi dan misi mereka ke dalam sebuah kolektif.

Dari sinilah muncul ide pembentukan sebuah kolektif bernama Jogja Records Store Club. Beberapa records label dan toko musik tersebut diantaranya: DoggyHouse Records, JNM Art Shop (Demajors Jogja), Yes No Shop, Samstrong Records, Rilisan Fisik, Deep St, Yogya Music Store, Roots Music, Jesuiscidal Records, Altar Apokalips, Hellhouse, Anthem, Relamati Records, Cryptic Offering dan lain lain.

Beberapa agenda Jogja Records Store Club yang sudah berjalan diantaranya melapak bersama di acara musik maupun bazaar, festival dan pameran dan juga membuat peta records store di Jogja.

Dalam menyambut perayaan Cassette Store Day, Jogja Records Store Club membuat beberapa agenda diantaranya mengorganisir sebuah bazaar rilisan musik. Disamping itu juga merilis sebuah kompilasi yang berisi 10 band baru yang potensial dari Yogyakarta.

Beberapa band dengan genre musik mulai dari Math Rock, Post-Rock, Garage Rock, Rap, Indiepop, Experimental sampai Hardcore pun siap menyajikan nomer nomer jagoan mereka. Ke 10 band tersebut: LeftyFish, Banana For Silvy, Seahoarse, Chick and Soup, Warmouth, Dirty Light, Dinosaur Youth, Rarya, PsychotRAPy dan Sungai. Kompilasi ini akan dirilis berbentuk kaset dan dibandrol bersama peta records store Jogja dan zine yang berisi artikel mengenai kaset yang ditulis oleh beberapa kontributor diantaranya Gisela Swaragita dan Nuraini Juliastuti.

Cassette Store Day sendiri merupakan sebuah perayaan internasional yang terinspirasi Records Store Day dimana Cassette Store Day lebih mengenali nilai penting dari sebuah rilisan fisik berbentuk kaset. Perayaan Cassette Store Day pertama digelar tahun 2013 oleh beberapa records label dari Inggris yang kemudian menyebar ke negara lain termasuk ke Indonesia.

Perayaan Cassette Store Day 2015 di Yogyakarta ini merupakan yang kedua kalinya setelah sempat digelar tahun lalu di markas DoggyHouse Records. Perayaan tersebut akan digelar pada tanggal 17 Oktober 2015 di halaman Bentara Budaya Yogyakarta, mulai jam 12 – 10 malam. Sekitar 20 records label dan toko musik offline dan online dari Jogja dan Solo siap membuka lapak mereka di acara ini yang juga diramaikan dengan pemutaran koleksi kaset, diskusi serta penampilan akustik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.