‘Kebo Bule’, Karya Istimewa Retro Classic Cycles Untuk Kustomfest 2016

Yogyakarta (07/10/16) – Kustomfest, sebuah Festival Kustom Kulture Indonesia kembali mengapresiasi para pengunjung yang hadir di tahun ke-5 nya dengan menyediakan 1 unit Lucky Draw yang diberi nama ‘Kebo Bule’.

“Kustomfest adalah event yang memadukan antara art dan enginering di mana semua penggemarnya datang dari seluruh Indonesia. Inilah tempat kami mencurahkan segala gagasan, ide, dan kemampuan rancang bangun kendaraan berlatar inovasi. Ini termasuk yang melatarbelakangi kami membuat Lucky Draw di Kustomfest.” ujar Lulut Wahyudi, penggagas Kustomfest sekaligus pemilik bengkel Retro Classic Cycles saat jumpa media (6/10).

Dan tahun ini, dari berbagai perjalanan seorang Lulut Wahyudi yang terus menyebarkan virus untuk berkarya dalam konteks kustom kulture kepada para builder di daerah, menangkap warisan luhur budaya Cirebon

Kereta Kencana Paksi Naga Liman milik Kasultanan kanoman yang dibuat pada tahun 1350 Saka atau tahun 1428 Masehi oleh Pangeran Losari, yang menjadi kereta kebesaran Sunan Gunung Jati Cirebon, menjadi inspirasi Lulut Wahyudi merancang kustom bike Lucky Draw Kustomfest 2016 berjuluk ‘Kebo Bule’.

“Saya lama termenung melihat detail kereta kencana tersebut karena berbeda dengan yang pernah saya lihat sebelumnya. Pada jaman itu, sudah menonjol sisi teknologi yang membuat kereta itu nyaman ditumpangi, antar lain soal konstruksi rodanya yang memperhatiakan kenyamanan penumpangnya.” tambah Lulut.

Pulang ke Jogja dengan waktu yang relatif singkat, hanya 30hari pengerjaan, Lulut meramu inspirasi dari Kereta Paksi Naga Liman ke dalam sosok motor kustom berbasis American Traditional Old School Chopper bernuansa motif Cirebon. Inilah yang tidak dilupakan Retro Classic Cycles di setiap karyanya, dimana sisi kearifan lokal tetap terjaga mesti selalu mengajak untuk berwawasan global.” sebut Lulut.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.