Masyarakat Padati Tugu Pal Putih Demi Saksikan Wayang Jogja Night Carnival 2016

Yogyakarta (07/10/16) – Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Kota Jogja ke-260 yang jatuh pada tanggal 7 Oktober 2016 “Wayang Jogja Night Carnival 2016” yang melibatkan 1200 peserta terdiri dari 14 Kecamatan berlangsung meriah.

Acara berlangsung di JL. Jend. Sudirman – Tugu Pal Putih – JL. Margo Utomo  dan dibuka dengan tarian pembuka dari Sanggar Seni Kinanti Sekar, dilanjutkan dengan pelemparan anak panah ke Tugu Pal Putih oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti usai menyampaikan sambutannya tepat pada pukul 19.30 WIB.

Dalam sambutannya Sri Sultan HB X mengatakan penampilan wayang dalam peringatan HUT Ke-260 Kota Yogyakarta ini semakin meneguhkan Yogya sebagai kota budaya. Kota Yogyakarta diharapkan tetap bisa menjaga identitasnya sebagai kota budaya yang mampu melestarikan seni dan tradisinya.

“Yogya agar tetap mengakar kuat pada filosofinya. Yogya tetap menunjukkan kota budaya, kota toleransi dan menjadi tujuan wisata,” ucap Sri Sultan HB X.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan Wayang Jogja Night Carnival telah diagendakan sebagai sarana promosi pariwisata Kota Yogyakarta. Masyarakat diharapkan dapat mengambil peran aktif dalam pawai budaya sebagai wujud Segoroamarto (Semangat Gotong Royong Agawe Majune Ngayogyakarta).

Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti, S.Sos, MM juga menjelaskan, dalam pawai wayang ini setiap kecamatan menampilkan street art tokoh pewayangan. Mulai dari Gatotkaca, Anoman, Kresna, dan tokoh pewayangan lain. Pawai tersebut akan dijadikan kalender wisata Kota Yogyakarta setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.