Nyawiji, Launching Sanggar Seni Kinanti Sekar di Rumah Kelas Pagi Yogya

Mengambil tema Nyawiji, yang dalam bahasa Indonesia berarti menyatu. Tema ini dipilih dalam Launching Sanggar Seni Kinanti Sekar yang akan berlangsung 5 November 2015 di Rumah Kelas Pagi Yogyakarta pada pukul 19.00 WIB.

“Nyawiji dipilih karena memiliki sifat khusus spiritualitas manusia Jawa. Ketika manusia ingin memulai suatu pekerjaan dalam proses kehidupan sehari-hari ia tentunya akan melalui proses menyatukan antara hati, pikiran, dan tujuan. Tentu saja tema ini dipilih sebagai harapan dan ayunan langkah kecil kami untuk terus berkarya hingga mencapai tujuan yang lebih baik.” ucap Kinanti Sekar Rahina yang merupakan salah satu penggagas dari sanggar ini.

Sanggar Seni Kinanti Sekar berangkat dari sebuah gagasan untuk lebih mengenalkan nilai-nilai kebudayaan luhur didalam ruang belajar kepada peserta didiknya secara mendalam dengan kesadaran membangun posisi diri yang berkepribadian luhur ditengah arus kebudayaan modern yang berkembang secara fluktuatif.

Sanggar berbasis nirlaba yang berdiri pada tahun 2015 ini proses pembelajarannya lebih menekankan kebebasan ekspresi dan persahabatan dengan “alam”. Ruang belajar yang dimaksud adalah ruang yang dibangun dengan suasana kekeluargaan yang hangat menawarkan materi pembelajaran meliputi Seni Tari Klasik, Kreasi, Nusantara, Tetembangan Jawa dan Baca Tulis Aksara Jawa yang terbuka bagi semua kalangan dengan minat belajar tinggi. Menawarkan pertemuan 1 kali dalam seminggu dan didampingi 2 orang fasilitator dengan jumlah maksimal 15 siswa setiap angkatan yang memungkinkan bagi ruang belajar ini memfasilitasi anggotanya untuk lebih mengoptimalkan potensi diri.

“Semakin banyak anak-anak menikmati masa kecilnya dengan kesenian, kebebasan bergerak, menari, menyanyi, di tanah airnya sendiri, akan semakin senang mereka dengan keluhuran budaya bangsa. Sehingga anak-anak bisa lebih menghargai hidup yang berkehidupan di tanah airnya.” – Kinanti Sekar Rahina

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.