Padmanaba Siap Gelar Festival Bregada Nusantara 2019 Akhir Pekan Ini

BerandaJogja.com (20/09/19) – Dalam rangka memperingati HUT ke-77 SMA Negeri 3 Yogyakarta (Padmanaba), para siswa dan alumni dari sekolah menengah tersebut akan menggelar Festival Bregada Nusantara yang akan berlangsung akhir pekan ini, Minggu, 22 September 2019 mulai pukul 07.00 WIB di Jalan Malioboro Yogyakarta.

“Kami berharap ini akan menjadi event tahunan yang menarik tidak saja bagi anak muda, tapi juga bagi wisatawan asing dan dalam negeri. Apalagi yang menjadi bregada ini adalah anak-anak SMA, millennial,” ujar Hendri Saparini selaku Ketua Keluarga Besar Alumni (KBA) Padmanaba saat temu media, Kamis sore (19/09).

Memasuki pelaksanaan pada tahun ketiga, event Festival Bregada Nusantara akan kembali meningkatkan kapasitasnya dengan membuat mini festival selain tetap menyelenggarakan pawai dan lomba untuk sekolah menengah. Mini festival ini akan bertempat di Alun-alun Utara tempat digelarnya Festival Bregada Nusantara 2019, sedangkan parade akan berlangsung di sepanjang Jalan Malioboro hingga Alun-alun Utara Yogyakarta.

Pada tahun ini selain mendapatkan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pariwisata, Festival Bregada Nusantara 2019 juga didukung oleh Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang notabene merupakan sumber dari kebudayaan bregada yang selama ini diusung.

Penghageng Kawedanan Hageng Punokawan Kridhomardowo Kraton Yogyakarta, KPH Notonegoro berharap Festival Bregada Nusantara tidak hanya menjadi ajang tahunan, namun bisa digagas menjadi kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.

“Dengan menjadi ekstrakurikuler siswa bisa semakin belajar seni tradisi itu. Mulai dari filosofinya, keahlian dan kedisiplinan saat berlatih menjadi bregada,” imbuh KPH Notonegoro.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia FBN 2019 Ganang Adjie juga menyampaikan bahwa akan ada Bregada Unik yaitu Imperial Army dari film Star Wars dan aksi Bregada Alumni yang akan edan-edanan.

Bregada pelajar yang akan diperlombakan ini akan memperebutkan piala Kementerian Pendidikan dan Kebudayan RI, Piala Kementerian Pariwisata RI, Piala Gubernur DIY, dan Piala Keluarga Besar Alumni Padmanaba.

Festival Bregada Nusantara yang mengusung tema “Traditional Meet Millennial” ini akan diikuti oleh bregada SMA/K sebagai peserta lomba, bregada desa wisata, bregada alumni, bregada corporate, serta bregada kerajaan/wakil daerah nusantara di antaranya Bregada Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kasultanan Cirebon, dan Baluwarti Surakarta.

”Dengan mengusung tema “Traditional Meet Millenial”, kami berharap kegiatan ini dapat mendorong generasi millenial untuk menyukai dan mempelajari kembali budaya tradisional yang saat ini sudah banyak ditinggalkan.” pungkas Hendri.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.