Record Store Day Sambangi Jogja Pertengahan April 2016

Jogja (08/04/16) – Records Store Day adalah adalah sebuah acara internasional tahunan. Untuk merayakan keberadaan rilisan musik dalam bentuk fisik seperti CD, Kaset Tape bahkan piringan hitam. Sejatinya diselenggarakan tiap hari Sabtu di minggu ketiga bulan April. Dan untuk tahun ini secara resmi berlangsung pada tanggal 16 April 2016 di Halaman Bentara Budaya Yogyakarta. Pada hari tersebut dipertemukanlah local record store, artis dan fans, penggemar rilisan fisik dalam sebuah venue.
Rilisan fisik saat ini sebenarnya bisa dikatakan hampir tergeser oleh rilisan-rilisan dalam bentuk digital. Baik itu yang berbayar ataupun album-album yang bebas untuk diunduh. Akan tetapi penggemar dan penikmat rilisan dalam bentuk fisik semacam Compact Disk (CD), kaset tape dan piringan hitam masih tergolong cukup banyak di Indonesia ini. Di forum-forum jual beli masih cukup ramai memperjual belikan atau hanya untuk barter sejumlah rilisan.
Records Store Day Yogyakarta, sebuah kegiatan Offline yang melibatkan para pelaku, pemerhati dan penikmat rilisan fisik di Yogyakarta. Selain merupakan social gathering, kegiatan yang akan diselenggarakan antara lain pameran rilisan fisik, lapak jual beli rilisan, diskusi mengenai musik dan music performance.
Diselenggarakannya event ini adalah untuk sosialisasi records label lokal, record store serta pemerhati dan penikmat rilisan musik dalam bentuk fisik disamping membangun komunikasi dan interaksi antar para record label, record store, artis dan penikmat musik. Adapun peserta bazaar rilisan musik kali ini yaitu; Stand Toko Musik seperti: FRVRYNG, Yogya Music Store, Analog Society, Rilisan Fisik, Deep. Store, Yes No Shop, Bryan Art, Jajan Musik, Noer Kaset & Books, Aldila (Alam Disco Lama), Well Antique, Squank, Disko Hobi, Solonesia, Retro Active, Root Music, Demajors Jogja ; Stand Majalah: Weldgood Magz, Warning Magazine ; Stand Records Label: WLRV Records, DoggyHouse Records, Samstrong Records ; Stand  Kuliner: Pier 14 Coffee Shop, Kedai Zalacca. Selain itu uga akan tersedia stand rilisan band/records label yang merilis album bertepatan dengan event ini.
Kegiatan yang akan berlangsung mulai pukul 14.00-22 WIB ini akan dimeriahkan juga dengan peluncuran sebuah album kaset kompilasi rilisan Jogja Records Store Club (JRSC) yang berisi 9 band baru dari Yogyakarta.
Akan ada juga diskusi mengenai musik yang dilanjut dengan penampilan dari Gaute Granli dan Thore Warland (duo musisi dari Norwegia yang sedang tour di Indonesia), Harry Firmansyah serta Sungai yang merilis album bertepatan dengan event ini.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.