Tiap Selasa Wage Pedagang Kaki Lima Malioboro Libur Selama 24 Jam

Yogyakarta (09/09/17) – Dalam rangka menyambut Perayaan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-261, Pemkot Yogyakarta akan menggelar Reresik Jogja yang akan berlangsung di Kawasan Malioboro pada tanggal 26 September 2017 dan pada hari tersebut Pedagang Kaki Lima tidak akan berjualan selama 24 jam untuk membersihkan kawasan Malioboro.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunanto Dwi Sutono mengatakan pada tanggal 26 September bertepatan dengan hari Selasa Wage seluruh PKL disepanjang jalan Malioboro mulai dari pintu kereta api (KA) Stasiun Tugu sampai Titik Nol Kilometer akan berhenti atau tidak berjualan.

“Ini sebagai uji coba pertama kali, nantinya diharapkan setiap Selasa Wage seluruh PKL akan libur,” kata Yunanto Dwi Sutono di Balaikota Yogyakarta, Kamis (7/9/2017).

Ia menjelaskan setiap Selasa Wage mulai pukul 00.00 WIB hingga 24.00 WIB, Malioboro akan bebas dari kegiatan pedagang kaki lima di sisi timur maupun barat. Seluruh pedagang kaki lima dan juga elemen lain di Malioboro, kemudian diharapkan dapat melakukan kegiatan membersihkan lingkungan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Tri Hastono mengatakan, kegiatan sehari tanpa pedagang kaki lima di Malioboro tersebut untuk mengistirahatkan trotoar.

“Ada banyak pihak yang hidup di Malioboro. Namun, untuk hidup di Malioboro tidak harus dilakukan dengan memberikan beban terus-menerus ke Malioboro, tetapi juga harus memberikan waktu bagi Malioboro untuk bernapas dengan lebih lega,” pungkas Tri Hastono.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.