Akhir Pekan Ini Ribuan Pelari Bakal Jelajahi Kaki Gunung Merapi Dalam Perhelatan Ambarrukmo Volcano Run 2023

BerandaJogja.com (17/05/23) – Yogyakarta memiliki segudang keindahan dari segala penjuru mulai dari ragam keindahan alam, budaya serta masyarakatnya. Pesona keindahan Yogyakarta diperkuat dengan lahirnya berbagai acara yang menyemarakkan pertumbuhan pariwisata. Volcano Run lahir dari keinginan berbagai pihak untuk memajukan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari segi sport-tourism dan ekonomi.

“Di semester awal 2023, Ambarrukmo menyelenggarakan sebuah perlombaan lari dengan tajuk “Ambarrukmo Volcano Run”. Acara ini akan digelar pada hari Minggu, 28 Mei 2023 berlokasi di Museum Gunung Api Merapi. Jumlah peserta yang ikut menyemarakkan acara ini terhitung 2500 peserta yang hadir dari seluruh penjuru Indonesia.” ungkap Haris Susanto selaku Managing Director¬†Ambarrukmo Group saat temu media di Royal Ambarrukmo Yogyakarta Rabu (17/05) pagi.

Volcano Run lahir pada tahun 2019 dan diprakarsai oleh komunitas lokal yakni Ubur Ubur Lari. Seiring berjalannya waktu, Ambarrukmo dan Ubur-Ubur Lari menemukan kecocokan visi dan misi dalam penyelenggaraan acara. Keinginan untuk memajukan Daerah Istimewa Yogyakarta melalui sport-tourism dan ekonomi menjadi kunci utama. Acara ini juga diharapkan bisa menyemarakkan pertumbuhan pariwisata secara umum.

Terpilihnya Kaliurang sebagai venue acara bukan tanpa sebab, tapi karena adanya potensi yang besar. Kesejukan alam dan kemegahan Gunung Merapi menjadi sajian istimewa yang dapat dinikmati para peserta Ambarrukmo Volcano Run.

“Tiket yang dijual dibanderol harga mulai dari Rp 250,000,- hinggal Rp 550,000,-/orang. Kategori yang dilombakan juga beragam, mulai dari kategori 5K hingga half-marathon yakni 21K. Perlombaan lari ini memperebutkan hadiah hingga puluhan juta rupiah dan berbagai doorprizes menarik. Selain itu, Ambarrukmo juga menggandeng UMKM dari Padukuhan Banteng dan sekitarnya untuk menyajikan jajanan khas lokal yang bisa dinikmati oleh peserta lomba.” imbuh Haris.

Fasilitas yang diberikan Ambarrukmo untuk peserta tidak hanya sebatas keindahan rute, tetapi mencakup banyak hal. Peserta berhak untuk memiliki official jersey, nomor BIB, exclusive bag, food & beverage vouchers, asuransi, layanan medis & fisio, refreshment, doorprizes dan masih banyak lagi. Kemudahan transportasi pun juga ditawarkan Ambarrukmo dengan menyediakan shuttle bus dari Plaza Ambarrukmo menuju Museum Gunung Api Merapi.

“Bagi peserta yang membutuhkan penginapan, Ambarrukmo menyediakan kamar dengan harga spesial yang berlaku di Royal Ambarrukmo, Grand Ambarrukmo, PORTA by The Ambarrukmo dan Malyabhara Hotel.” pungkas Haris.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *